11/04/2024

KANTOR HUKUM NENGGALA ALUGORO

Konsultan Hukum Dan Bisnis

MENGHAPUS DATA PINJAMAN ONLINE

1 min read

Pertanyaan:

Saya pernah melakukan pinjaman online dan sudah saya selesaikan namun ternyata data pribadi saya bisa juga disalahgunakan pihak lain. Bagaimana cara menghapus data pinjaman online?

Ulasan:

Faktanya data pada aplikasi pinjaman online itu tidak bisa dihapus. Kalaupun ada jasa yang menyediakan untuk menghapus data pinjaman online itu sudah pasti HOAX.

Jadi, langkah preventif paling utama adalah tidak mengajukan pinjaman online ke Fintech Ilegal. Hanya pinjam uang ke fintech yang terdaftar di OJK, untuk penghapusan data di pinjaman online sulit untuk dilakukan, karena mereka sudah punya data Anda yang otomatis tersimpan di server aplikasi pada saat Anda mengajukan pinjaman online.

Cara Melindungi Kontak dan Data di Pinjaman Online: Settings/Pengaturan > Aplikasi > Cari aplikasi pinjaman online yang ada di hp Anda > izin > non-aktifkan semua:

  1. Ganti nomor SIM card.
  2. Ganti nomor WhatsApp.
  3. Selalu off-kan GPS.
  4. FB/IG/atau aplikasi media sosial lain yang menyangkut ke koneksi jangan sangkut pautkan/share dengan nomor yang baru.

Google juga berperan penting untuk membantu Anda menghapus jejak dari internet. Kalau Anda merasa ingin privasi lebih, Anda bisa meminta Google untuk menghapus data-data pribadimu dari internet. Anda memang harus mengisi beberapa pernyataan dan pertanyaan, tapi kalau Anda benar-benar mantap untuk menghilang dari internet, hal ini pas untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.